Go Green – Semangat Go Green di Rumah Tropis

Rumah Tropis

Setiap orang memiliki makna tersendiri jika mendengar kata rumah. Lebih dari sekedar bangunan tempat bernaung dan berlindung, rumah juga adalah tempat dimana hati kita berlabuh. Segala hal baik bisa berawal dari rumah, mulai dari belajar berbagi, sampai menyelamatkan lingkungan. Ya, kita bisa menyelamatkan lingkungan, dan itu dimulai dari rumah. Caranya? Dengan membuat sebuah rumah yang ramah lingkungan.

Bicara tentang ramah lingkungan, tahukah Sobat , dengan membuat sebuah rumah yang cocok untuk iklim tropis, ternyata kita sudah ikut menyelamatkan lingkungan? Nyatanya memang alam Indonesia yang hanya memiliki 2 musim ini lebih bersahabat dengan alam, karena kita justru dapat merancang rumah tropis yang hemat energi.

Sayangnya, banyak pihak yang kurang tepat dalam menyikapi iklim tropis ini. Misalnya, malah memasang AC untuk mengusir hawa panas yang sebenarnya bisa diminimalisir dengan ventilasi yang tepat. Dalam sebuah diskusi lingkungan, terungkap bahwa konsumsi listrik memberikan kontribusi sebesar 19 persen untuk pelepasan CO2. Bahkan dalam rumah tangga, pemanfaatan AC menduduki tempat pertama pada konsumsi listrik, yaitu 38 persen.

Rumah Tropis
Nah, penggunaan energi yang tidak terkendali ini bisa memengaruhi ketersediaan sumber alam. Ingin menjaga keseimbangan alam tapi tetap mempertahankan kenyamanan hunian? Bisa kok! Sobat HijauMU bisa menerapkan beberapa hal berikut:

Pertimbangkan arah mata angin saat membangun rumah untuk menciptakan sirkulasi udara yang lancar dan penerangan alami. Jika sirkulasi udara dan penerangan memadai, Sobat tidak perlu menggunakan AC, exhaust fan dan penerangan secara berlebihan.

Untuk sirkulasi udara yang baik, pasang ventilasi pada sisi tenggara dan barat laut, karena angin sejuk Indonesia cenderung bertiup dari 2 arah tersebut. Sementara untuk penerangan di siang hari, tempatkan bukaan pada sisi timur dan barat.

Jangan lupa juga bahwa 2/3 pemanasan ruangan disebabkan oleh rancangan atap yang kurang tepat. Gunakan clear roof untuk menyerap 90 persen panas.

Sobat juga bisa merancang overstek atap berupa pinggiran yang dilebihkan kira-kira 1 meter. Tidak hanya bermanfaat sebagai pelindung dari teriknya matahari saja, tapi juga bisa melindungi kusen, jendela, cat tembok dan lainnya dari terpaan cuaca.

Kurangi penggunaan kaca untuk mencegah peningkatan suhu di dalam rumah. Sobat HijauMU bisa menggunakan kayu atau kawat kasa sebagai gantinya, sehingga udara masih bisa mengalir lancar.

Oh ya, bersahabatlah juga dengan tanaman. Semakin banyak tanaman di sekitar rumah, panas dan debu juga semakin banyak yang tersaring.

Jika ada, Sobat bisa memasang panel surya untuk memanfaatkan sinar matahari yang melimpah di negara kita ini. Pasang panel surya menghadap arah barat yang mendapatkan sinar matahari terlama dalam sehari. Selamat mencoba!

About khairularief

My Full Name is : Khairul Arief Rachman Date of Born : 23 February 1995 Location : Jakarta, The Mistakes City Ecucation : SDN Baru 08 | 103 JHS | SMEA 19 Nineoneo Forum : - Kaskus One O Three - GOONERS -Nineoneo |- Just Another Fans of Arsenal FC

Posted on 5 November 2011, in Go Green. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: